Pengaruh Iklan Obat Demam di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Obat Demam di RW 01 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa

  • Ainun Wulandari Fakultas Farmasi, ISTN
  • Afifah Fiandani Fakultas Farmasi, ISTN
Keywords: advertising, fever drug, public attitudes, purchase decisions, television

Abstract

Advertising is a form of non-personal communication activity delivered through the media by paying for the space it uses to convey messages that are persuasive, reminding, and offering a product to consumers by companies, non- commercial institutions, and interested individuals. Advertising can affect the feelings of someone who sees it, so that it can influence purchasing decisions. The purpose of  this study was to determine the effect of fever medicine advertisements on television on purchasing decisions for fever medicine in the community of RW 01 Cipedak, Jagakarsa, South of Jakarta. This research was an observational study with a quantitative descriptive cross sectional method. The number of respondents obtained was 120 people. The sampling technique in this study used cluster random sampling. Data obtained through questionnaire. The research results  obtained that the advertising variable has a positive effect on people's attitudes with sig. 0.000 (p value <0.05), the public attitudes variabel has a positive affect on purchasing decisions with sig. 0.000 (p value <0.05). The results showed that advertisements for fever medicine on television indirectly influenced the purchasing decisions of fever medicine for the people of RW 01 Cipedak Village, Jagakarsa Distrik, South Jakarta.

References

Abdullah, A. & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2(1), 101-110.
Adawiyah, N., Cahaya, N., & Intannia, D. (2017). Hubungan Persepsi Terhadap Iklan Obat Laksatif Di Televisi Dengan Perilaku Swamedikasi Masyarakat Di Kelurahan Sungai Besar Kecamatan Banjar Baru Selatan. Pharmacy, 14(01), 108–126.
Afiati, R., Adhani, R., Ramadhani, K., & Diana, S. (2017). Hubungan Perilaku Ibu tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Status Karies Gigi Anak. Dentino (Jurnal Kedokteran Gigi), 2(1), 56-62.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Auli, M. & Jamiah, R. (2017). Dominasi Perempuan dalam Iklan Televisi: Stereotip Gender dalam Iklan Televisi pada SCTV. Jurnal Analisis Sosial Politik, 1(2), 137-148.
Damiati. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: PT. Grafindo Persada.
Fajrin, F. & Leonardi, T. (2019). Hubungan Persepsi Iklim Sekolah DenganKeterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (Gsa). Jawa Timur: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 8(1), 69–79.
Fajrina, A.N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UMS). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fitriani, D. (2019). Pengaruh Gender terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus terhadap Masyarakat Pontianak). CCIT (Creative Communication and Innovative Technology), 12(1), 99-107.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hardianti, I. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merk (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Citra Hand & Body Lotion Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah.
Hartini, S. & Pertiwi, P.P. (2017). Efektifitas Kompres Air Hangat Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Demam Usia 1- 3 Tahun Di SMC RS Telegorejo Semarang. Karya Ilmiah STIKES Telogorejo, 4, 1-5.
Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.
Juliansyah, N. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Khusnaeni, N. L., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh iklan terhadap sikap konsumen serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler Telkomsel 4G LTE. Administrasi Bisnis, 47(2), 49-56.
Mardiati, N., Islamiyah, R., & Fitriah, R. (2021). Pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap perilaku swamedikasi. Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia, 3(1), 35-44.
Nadhiroh, L. (2018). Pengaruh Iklan Obat Flu Di Televisi Terhadap Pemilihan Obat Secara Swamedikasi Pada Masyarakat Desa Deyangan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nova, M. & Nurdin, R. (2020). Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 2(1), 1–17.
Rusmiati. (2018). Pengaruh Iklan Himbauan Larangan Hoax Produksi Trans TV dan RCTI terhadap Sikap Penerimaan Informasi (studi terhadap mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP UIN Raden Fatah Palembang). Skripsi. UIN Raden Fatah.
Samosir, B.A. & Wartini, S. (2017). Pengaruh Iklan pada Keputusan Pembelian melalui Sikap Konsumen. Management Analysis Journal, 6(3), 255.
Sari, A.Q., Sukestiyarno, Y.L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linier. UNNES Journal of Mathematics, 6(2), 168-177.
Sari, R. & Prihartono. P. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilniah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1171-1184.
Setiawan, C.K. & Yosepha, S.Y. (2020). Pengaruh Green Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1-9.
Sihombing, S.S. & Situmorang, S.H. (2014). Pengaruh Harga, Kemasan, dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Minute Maid Pulpy Orange pada Siswa SMA Negeri 1 Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Suherman, H. & Febrina, D. (2018). Pengaruh Faktor Usia, Jenis Kelamin, dan Pengetahuan terhadap Swamedikasi Obat. Viva Medika, 11(3), 94-108.
Tambuwun, A. A., Kandou, G. D., Nelwan, J. E. (2021). Hubungan Karakteristik Individu dengan Kepatuhan Berobat pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Wori Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal KESMAS, 10(4): 112-121.
Triana, D. (2019). Pengaruh persepsi dan sikap konsumen milenial tentang kehalalan produk terhadap keputusan pembelian street foods di Makassar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 458–463.
Winata, A. & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan pada Media Televisi terhadap Minat Beli (Studi pada Calon Konsumen Bukalapak.com Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5660–5692.
Published
2023-01-26
How to Cite
Wulandari, A., & Fiandani, A. (2023). Pengaruh Iklan Obat Demam di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Obat Demam di RW 01 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa. Sainstech Farma: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 16(1), 38-44. https://doi.org/https://doi.org/10.37277/sfj.v16i1.1497