Sistem Penunjang Keputusan Kepuasan Konsumen Pada PT. Lotte Shopping Indonesia Bogor

  • M. Lutfi Ramdani Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pranata Indonesia
  • Siti Nurmiati Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor penting dalam memenangkan persaingan, sehingga setiap perusahaan berusaha untuk mengoptimalkan segala faktor yang dapat meningkatkan nilai kepuasan konsumen tersebut. Seiring dengan perkembangan bisnis ritel, banyak perusahaan yang bergerak dibidang ini yang awalnya di kelola secara tradisional berubah haluan menjadi toko ritel modern sehingga menjadi bisnis yang inovatif, dinamis dan kompetitif persaingan yang ketat di bisnis ritel tidak terlepas dari semakin menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan baik yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional dengan berbagai skala dan segmen yang dibidik. Untuk itu, pada penelitian ini diterapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk merancang sistem penunjang keputusan kepuasan konsumen pada PT Lotte Shopping Indonesia Bogor. Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah suatu model pengambilan keputusan. Metode ini meliputi proses penilaian kinerja yang dimulai dengan pembobotan kriteria yang ditetapkan untuk mengetahui kepentingan tiap-tiap indikator, kemudian dari pembobotan indikator tersebut dapat menghasilkan bobot alternatif untuk mengetahui nilai tertinggi dari alternatf yang ada. Dalam pembuatan program aplikasi sistem informasi pendukung keputusan pemilihan jurusan berbasis web ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database, sehingga sistem ini dilakukan untuk memudahkan pengambilan keputusan untuk menuentukan tingkat kepuasan konsumen, penyempurnaan proses perhitungan kepuasan konsumen dan pengolahan data konsumen.
Published
2019-08-14
Section
Artikel