RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMASARAN SOUVENIR KHAS NUSA TENGGARA BARAT

Main Article Content

Rafa Karimah Siti Nurmiati Neny Rosmawarni

Abstract

Anjungan Nusa Tenggara Barat – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)merupakan instansi pemerintahan yang berada di bawah naungan KantorPenghubung Provinsi Nusa Tenggara Barat di Jakarta, pada Seksi Bidang Promosidan Informasi dengan tugas menyampaikan informasi mengenai daerah NusaTenggara Barat kepada masyarakat luas. Kegiatan pemasaran souvenir khas NusaTenggara Barat di Anjungan Nusa Tenggara Barat – TMII masih dilakukandengan cara pembelian secara langsung di Anjungan Nusa Tenggara Barat –TMII, sehingga menyebabkan pemasaran souvenir kurang efektif dan efisien bagimasyarakat yang tidak dapat mengunjungi Anjungan Nusa Tenggara Barat –TMII. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuatlah Sistem PemasaranSouvenir Khas Nusa Tenggara Barat menggunakan bahasa pemograman PHP dandatabase MySQL dengan metode rekayasa perangkat lunak System DevelopmentLife Cycle (SDLC) model waterfall. Kelebihan dari sistem ini yaitu pemasarantidak hanya dapat dilakukan oleh pihak Anjungan Nusa Tenggara Barat, tetapi Usaha Kecil-Menengah yang memasarkan souvenir khas Nusa Tenggara Baratdapat pula memasang iklan dan memasarkan produk melalui website ini dengansyarat telah terdaftar sebagai member pada website, selain itu digunakannyametode pembayaran secara online menggunakan payment gateway Veritransmenjadi kelebihan dari website ini.

Article Details

How to Cite
Karimah, R., Nurmiati, S., & Rosmawarni, N. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMASARAN SOUVENIR KHAS NUSA TENGGARA BARAT. JURNAL REKAYASA INFORMASI, 5(1). Retrieved from https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/168
Section
Artikel