Login or Register to make a submission.

Author Guidelines

Petunjuk Penulisan Naskah

1. Naskah adalah tulisan hasil penelitian atau kajian IPTEK, yang merupakan naskah asli dan belum pernah diterbitkan di dalam/luar negeri.

2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia menurut Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (kecuali Abstract dan Keywords ditulis dalam bahasa Inggris) serta disusun menurut sistematika sebagai berikut:

-Judul (dalam Bahasa Indonesia dan Inggris), memberikan gambaran mengenai hasil penelitian atau hasil kajian yang telah dilakukan, dibatasi antara 5 s/d 12 kata ( font-16).

-Nama Penulis, ditulis tanpa gelar akademik atau gelar apapun dan dilengkapi nama lembaga/instansi unit kerja lengkap dengan alamatnya, serta E-mail, untuk korespondensi ( font11).

-Abstrak (Abstract), ditulis dalam bahasa Indonesia (dan Inggris), disajikan secara ringkas, informatif dan deskriptif tentang alasan penelitian, metode, dan hasil, dalam satu paragraph dan tidak lebih dari 200 kata. (font-10).

-Kata kunci (Keywords), ditulis dalam bahasa Indonesia (dan Inggris), merupakan kata-kata yang mengandung konsep pokok yang ada dalam pembahasan, dan ditempatkan sesudah Abstrak (Abstract), ditulis terdiri dari 3 s/d 5 kata. (font-10)

-Pendahuluan, berisi tentang permasalahan penelitian, alasan dan hipotesa penelitian, maksud dan tujuan serta kegunaan/manfaat penelitian, serta ruang lingkup penelitian.

-Tinjauan pustaka, dengan maksud memperjelas/mencirikan penelitian yang dilakukan terhadap penelitian sejenis ataupun merupakan pengembangan dari penelitian yang sudah dilakukan.

-Metoda, berisi tentang: waktu dan tempat penelitian, rancangan penelitian, metoda penelitian baik teori maupun experimen, langkah-langkah penelitian (tambahkan flowchart), dan prosedur pengumpulan data beserta metoda pengujian/pengukurannya.

-Hasil dan Pembahasan, memuat hasil penelitian dan bahasan dari pengolahan data yang dapat disertai dengan tabel, grafik atau ilustrasi lain yang disajikan secara bersistem.

-Simpulan, menyajikan ringkasan dari pembahasan hasil penelitian.

-Saran, dapat diberikan sebagai tindak lanjut dari penelitian atau kajian yang telah dilakukan.

-Ucapan Terima kasih, jika diperlukan, kepada person/institusi yang membantu penelitian.

-Daftar Pustaka, ditulis tanpa nomor urut, berdasarkan abjad dengan: nama pengarang, tahun penerbitan, judul karangan, nama jurnal ilmiah, volume dan nomor penerbitan, halaman dan bulan penerbitan (untuk Jurnal Ilmiah); menuliskan nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku/pustaka, penerbit, kota dan negara penerbit (untuk Text-Book).

3. Naskah diketik pada kertas A4, 4 s/d 8 halaman, dengan menggunakan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, margin kiri/kanan 1’ dan atas/bawah 1’, dan mulai dari Pendahuluan sampai Daftar Pustaka dengan font 10, 1 spasi, 2 kolom, , serta diserahkan/ dikirim dalam Hard Copy dan Soft Copy ke Redaksi Jurnal Ilmiah Sainstech LP2M–ISTN, Jalan Moh Kahfi II, Jagakarsa-Jakarta Selatan 12640. Telp/Fax: (021) 7866956 – Email: lp2m@istn.ac.id

4. Naskah yang telah diterima Dewan Redaksi, akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tatacara penulisannya.

5. Hak penerbitan seluruhnya merupakan hak Dewan Redaksi.