Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol, Etil Asetat Bunga dan Daun Honje (Etlingera elatior (Jack) R.M. Sm) pada Darah Domba Terinduksi tert- Butil Hidroperoksida (t-BHP)

Antioxidant Activity of Ethanol and Ethyl Acetate Extract from Honje (Etlingera elatior (Jack) R.M. Sm) Flowers and Leaves on Sheep Blood Induced tert- Butyl Hydroperoxide (t-BHP)

  • Tiah Rachmatiah Fakultas Farmasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Wahyu Kimura Fakultas Farmasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Kusmiati Kusmiati INACC-Pusat Penelitian Biologi LIPI
Keywords: antioksidan, darah domba, Etlingera elatior, honje

Abstract

Studi tentang aktivitas antioksidan bunga dan daun honje (Etlingera elatior (Jack) RM Sm) telah dilakukan pada darah domba. Bahan yang digunakan adalah ekstrak etanol dan etil asetat dari bunga dan daun honje yang dibuat secara maserasi. Aktivitas antioksidan dari setiap ekstrak diuji untuk menentukan kadar malondialdehida (MDA) dalam plasma darah domba dengan metode Thiobarbituric Acid Reactive Substances (TBARS) serta aktivitas dari enzim superoksida dismutase (SOD) dan enzim katalase dalam sel darah merah domba. tersier-Butil hidroperoksida (t-BHP) digunakan untuk membentuk radikal bebas di dalam darah domba. Percobaan dilakukan pada 11 kelompok perlakuan, menggunakan ekstrak dengan kadar 10 dan 20 bpj serta vitamin E sebagai kontrol positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol bunga honje dan ekstrak etil asetat daun honje memiliki efek tertinggi untuk menurunkan kadar MDA yaitu 27,24 % dan 31,91 % pada kadar 20 bpj, sementara itu peningkatan aktivitas enzim SOD tertinggi diperlihatkan oleh ekstrak etil asetat bunga honje dan ekstrak etanol daun honje yaitu 133,99 % dan 144,29 % pada kadar 20 bpj, namun peningkatan aktivitas enzim katalase hanya diperlihatkan oleh ekstrak etanol bunga honje dengan kenaikan 1,26% pada kadar 20 bpj. Analisis spektrum infrared pada ekstrak etanol dan etil asetat bunga dan daun honje menunjukkan adanya senyawa yang mengandung gugus OH.
Published
2021-09-07