Analisa Kualitas ASR Dan Okupansi Trunk Interkoneksi Antar Operator

  • Aisyah Nurkumala
  • Eddy Supriyadi

Abstract

Abstrak---Pada makalah ini dibahas masalah tentang kualitas ASR dan okupansi yang terjadi antara operator yang berbeda. Besar atau kecilnya kualitas ASR dapat ditentukan oleh pola perilaku pelanggan dan ketersediaan sirkit. Maka okupansi pun juga harus diperhatikan dalam panggilan interkoneksi ini, karena akan menentukan kapasitas trafik yang menduduki sirkit yang tersedia. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil data historis secara mingguan dan harian, dan setelah itu dibandingkan dengan data referensi yaitu KPI. KPI ASR yaitu 40%, dan apabila nilai data harian ASR dibawah KPI selama lebih dari 3 hari, maka perlu mencari penyebabnya. Apabila saluran trunk merupakan salah satu penyebab turunnya nilai ASR maka dilakukan pengamatan pada nilai okupansi. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan sirkit sesuai dengan kendala tiap-tiap sirkit berupa memeriksa sirkit atau menambahkan sirkit. Pada kasus ini, setelah dilakukan pengamtan diperoleh bahwa interkoneksi trunk ISAT1 ke arah TSEL1, kualitas ASR nya tidak mengalami masalah karena data historis yang dibawah KPI hanya satu hari. Tetapi pada interkonensi ISAT2-TSEL2 , data ASR nya dibawah KPI selama 3 hari, didapatkan okupansi sebesar 80% sehingga dilakukan perbaikan sirkit bloking. Sedangkan ISAT3-TSEL3 nilai okupansinya yaitu 96% dan diperlukan penambahan sirkit.
Published
2018-01-30