Analisa Harga Mobil Untuk Menentukan Produk Baru Serta Pesaing Pasar Menggunakan Metode CVI Dengan Tols Power BI Di PT. XYZ

  • Herdi Ardiansyah Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang
  • Zidni Afif Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang
  • Lies Tsiqoyati Rohmah Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang
  • Muhamad Rizki Yanuar Rizki Yanuar Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Abstract

Pada saat ini, industri otomotif sangat kompetitif dan dinamis. Perusahaan-perusahaan mobil harus terus meningkatkan kualitas produk dan strategi pemasaran untuk tetap berada di atas. Dengan memahami tren dan pola harga mobil, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih informed tentang pengembangan produk dan penetapan harga, serta dengan Penggunaan menggunakan metode CVI (visualisasi data) dan teknik analisis data yang efektif dapat meningkatkan efektivitas analisis dan pengambilan keputusan. Salah satu cara untuk meningkatkan keunggulan kompetitif adalah dengan menganalisis data harga mobil dan pesaing pasar menggunakan tools analisis data seperti Microsoft Power BI. Dengan analisis harga mobil, kapasitas mesin, dan transmisi, kita dapat menentukan produk yang sesuai dengan kriteria konsumen. Kita mendapatkan Hyundai menjelma sebagai penguasa harga jual tertinggi di pasaran, hinga menyentuh angka 84M, Jeep yang memiliki penjualan termahal mencapai 130M, mesin 2.000cc ternyata menduduki puncak harga tertinggi dengan nominal 73M. transmisi otomatis menjadi primadona dengan harga termahal hingga menyentuh 216M.  dari hasilanalisa tersebut kita dapat meningkatkan kualitas produk dengan membuat mobil jeep dengan kapasitas mesin 2.000cc dan transmisi automatic.   Kata Kunci: CVI, Power BI, Harga mobil, Pesaing Pasar.
Published
2024-12-17