ANALISA KEBUTUHAN SISTEMHOST-TO-HOST UNTUK COLLECTION AGENT AGGREGATOR (CAA) PADA KERJASAMA BRILINK BANK BRI (SEBUAH REKAYASA FINTECH)

Main Article Content

Aryo Nur Utomo

Abstract

Perbankan telah lama menjalankan transaksi layanan-layanannya melalui electronic channel seperti ATM, EDC, mobile banking, dan internet banking. Namun saluran layanan tersebut hanya diperuntukkan bagi orang yang sudah menjadi nasabah bank tersebut. Di satu sisi perbankan menginginkan pertumbuhan transaksinya dimana walk in customer menjadi target agar mereka mau melakukan transaksi dari layanan-layanannya. Kompleksitas yang muncul ketika mengakomodasi walk in customer ini pada kantor-kantor bank menjadi tantangan bagi Bank sementara parawalk in customerini umumnya bisa jauh dari kantor bank. Pemanfaatan tempat/loket milik masyarakat pribadi untuk dapat melayani layanan bank mejadi pemikiran baru karena faktor infrastruktur internet yang telah meluas. Ini sejalan juga dengan konsep pemberdayaan dan pemerataan pendapatan ekonomi bagi masyarakat. Oleh karena itu strategi kolaborasi antara loket/agen dari masyarakat, penyedia aplikasi gateway, dan pemilik layanan, biller atau bank menjadi alternatif mengatasi kompleksitas tersebut dimana pihak bank dapat menggunakan beberapa penyedia aplikasi gateway sebagai pengalihan/pembagi beban kompleksitas dan risiko layanan. Bagaimana arsitektur dari sistem aplikasi ini, serta fungsi-fungsi apa saja dari aplikasi ini yang menggunakan konsep host-to-hostCollection Agen Aggregator akan dibahas pada tulisan ini.

Article Details

How to Cite
Utomo, A. (2017). ANALISA KEBUTUHAN SISTEMHOST-TO-HOST UNTUK COLLECTION AGENT AGGREGATOR (CAA) PADA KERJASAMA BRILINK BANK BRI (SEBUAH REKAYASA FINTECH). JURNAL REKAYASA INFORMASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/347
Section
Artikel