ADAPTIVE MODULATION AND CODING (AMC) PADA MOBILE WiMAX MIMO-OFDM

  • Sofia Pinardi Electronics, Computer, and Communication Research Group (ECCRG) Department of Electrical Engineering, Institut Sains dan Teknologi Nasional(ISTN)
  • Ariman Ariman Electronics, Computer, and Communication Research Group (ECCRG) Department of Electrical Engineering, Institut Sains dan Teknologi Nasional(ISTN)
  • Veriah Hadi Electronics, Computer, and Communication Research Group (ECCRG) Department of Electrical Engineering, Institut Sains dan Teknologi Nasional(ISTN)

Abstract

Akses komunikasi wireless yang cepat, fleksibel dan reliable sangat dibutuhkan untuk mendukung teknologi informasi dan multimedia yang semakin berkembang. Salah satu inovasi untuk memenuhi hal tersebut adalah teknologi mobile WIMAX. Tetapi kondisi kanal pada komunikasi wireless yang selalu berubah-ubah sangat terpengaruh terhadap performansi sistem jika tidak digunakan modulasi dan coding yang tepat, yang paling sesuai dengan kondisikanal. Adaptive Modulation and Coding (AMC) pada mobile WIMAX dapat meningkatkan kapasitas kanal dengan caramenekan nilai BER yang terjadi pada data yang dikirimkan sehingga dapat meningkatkan performansi sistem
Published
2018-01-20