RANCANG BANGUN PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS BERDASARKAN KECEPATAN KERETA API DENGAN METODE KENDALI LOGIKA FUZZY

  • Edy Supriyadi Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains Dan Teknologi Nasional Jakarta
  • Ardi Hermanto Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains Dan Teknologi Nasional Jakarta

Abstract

Kecelakaan kereta api yang terjadi pada palang pintu perlintasan sebidang, dapat terjadi dikarenakan tidakadanya palang pintu perlintasan kereta api, kelalaian petugas palang pintu kereta api dan sikap dari pengendara yangtidak disiplin. Dalam rangka mengurangi kecelakaan lalu lintas pada perlintasan sebidang, maka perlu digunakansistem pengendalian penutupan palang pintu kereta api otomatis berbasis logika fuzzy yang mempertimbangkankecepatan kereta api sebagai waktu pengaktifan palang pintu untuk menutup dan meningkatkan sistem keamananpada pintu perlintasan kereta api agar tidak ada lagi pengendara yang menerobos palang pintu kereta api. Sehinggakeadaan jalan pada perlintasan kereta api dapat dengan cepat kembali normal agar pengguna jalan tidak terlalu lamadalam menunggu kereta api yang akan melintas sekaligus mengurangi tingkat kecelakaan akibat human error.Sistem pengendalian palang pintu kereta api otomatis ini menggunakan sistem kendali logika fuzzy. Prinsipkerja dari sistem ini berdasarkan kecepatan kereta api yang diproses oleh mikrokontroller dan hasilnya diproses olehlogika fuzzy. Sistem kendali logika fuzzy digunakan untuk mencari waktu yang tepat untuk palang pintu menutup.Berdasarkan hasil pengujian sistem palang pintu kereta api yang berdasarkan kecepatan kereta api dengan kendalilogika fuzzy didapatkan kesimpulan bahwa semakin cepat kecepatan kereta api maka semakin cepat pula palangpintu akan menutup dan sebaliknya.Kata kunci: Logika fuzzy, palang pintu kereta api, arduino mega, sensor ultrasonik
Published
2018-05-01