OPTIMALISASI TRANSMISI DATA MOBILE ADVERTISING (M-ADS) CONTENT BERDASARKAN IMEI FILTERING

  • Irmayani Irmayani Program Studi Teknik Elektro FTI Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta 12640
  • Ariman Ariman Program Studi Teknik Elektro FTI Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta 12640
  • Ayuni Saskia Achmad Program Studi Teknik Elektro FTI Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta 12640
Keywords: Mobile Advertising, Layanan SMS & MMS, Location Based Advertising (LBA), IMEI Filtering

Abstract

Fenomena pergeseran perilaku konsumen terhadap layanan inti dari voice service dan value added service seperti SMS dan MMS menuju data service membuat operator telekomunikasi harus bertransformasi yang sebelumnya hanya sekedar penyedia jalan (dump pipe) menjadi penyedia layanan digital seperti Mobile Advertising (M-Ads). Namun terdapat permasalahan yang terjadi di dalam penerapan Mobile Advertising (M-Ads). Permasalahan itu terjadi karena adanya pengiriman MAds content yang tidak sesuai dengan lokasi dan IMEI handset subscriber yang dituju sehingga sering di anggap spamming oleh subscriber. Oleh karena itu, diperlukan suatu optimalisasi yang dapat memperbaiki permasalahan pada saat pengiriman M-Ads. Pada makalah ini telah dilakukan optimalisasi pengiriman konten untuk M-Ads dengan melakukan filtering pada lokasi & IMEI handset subscriber. Optimalisasi yang dilakukan menggunakan sistem Location Based Advertising (LBA) berdasarkan IMEI filtering. Berdasarkan hasil percobaan, pengirim/advertiser berhasil mengirimkan mobile advertising menggunakan layanan SMS & MMS kepada pelanggan/subscriber sesuai dengan lokasi & IMEI handset subscriber yang dituju.  
Published
2023-07-31