ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN PENDIDIKAN INDONESIA AMERIKA PE

Main Article Content

Novi Wulandari Prilly Etikasari

Abstract

Penelitian sistem informasi pendukung keputusan minat belajar siswa dilakukan untuk menentukan persentase variabel terhadap faktor yang paling dominan pada program yang ditawarkan Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika (LPIA) Perumnas 3 Bekasi, sebagai tolak ukur terhadap pemilihan program yang paling diminati agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan siswa sekaligus memberikan rekomendasi program yang ada untuk merespon ekspektasi siswa dan dapat dijadikan sebuah strategi LPIA. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan algoritma C4.5 yaitu untuk memperoleh atribut terbaik untuk memisahkan data dan mengembangkan simpul daun pada pohon keputusan sesuai dengan kriteria-kriteria minat belajar siswa dengan perhitungan RapidMiner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa baik kalangan anak-anak maupun dewasa dengan sampel yang diambil sebanyak 300 responden menggunakan teknik sampling yang dihasilkan pada training data. Sehingga dapat diperoleh faktor dominan yang paling banyak diminati terhadap pemilihan program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan siswa. Dengan menggunakan algoritma C4.5 dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan prediksi tingkat ketepatan dengan menggunakan algoritma C4.5 didapat tingkat akurasi sebesar 69.17% dan untuk klasifikasi algrotima C4.5 pada chart performance vektor nilai tertinggi dengan kategori program Aplikasi Premium.

Article Details

How to Cite
Wulandari, N., & Etikasari, P. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN PENDIDIKAN INDONESIA AMERIKA PE. JURNAL REKAYASA INFORMASI, 8(1). Retrieved from https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/361
Section
Artikel