MANAJEMEN RISIKO SISTEM INFORMASI STUDENT SERVICE CENTER MENGGUNAKAN METODE OCTAVE ALLEGRO

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ito Setiawan Riyanto Riyanto Ika Romadoni Yunita Jeffri Prayitno Bangkit Saputra

Abstrak

Universitas Amikom Purwokerto memberikan pelayanan kepada mahasiswa dalam bentuk sistem student service center yang digunakan untuk pengelolaan akademik mahasiswa. Dalam sistem tersebut berisi tentang menu umum, akademik, events, perpustakaan, aktivitas mahasiswa, proses pembelajaran, keuangan dan Lainya. permasalahan yang sering terjadi pada student service center adalah seringnya terjadi server error pada saat melakukan pengisian KRS online yang mengakibatkan banyaknya mahasiswa yang mendapatkan kelas acak sehingga jadwalnya bertabrakakan. Penelitian ini memliki tujuan untuk mengganalisis ancaman, melakukan penilaian dan evaluasi risiko yang terjadi terhadap aset kampus. OCTAVE Allegro merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis permaslahan yang ada. Hasil penelitian yaitu terdapat 3 area of concern.  Terdapat 4 Impact Area Prioritization dengan urutan prioritas reputasi, produktivitas, keuangan dan keamanan. Pada area of concern ekploitasi celah keamanan sistem terdapat 5 mitigasi. Pada kapasitas ruang penyimpanan terdapat 3 mitigasi dan bagian internet yang tidak stabil terdapat 4 mitigasi. Dari hasil analisis risiko terdapat nilai paling tinggi yaitu 28 adalah area of concern internet yang tidak stabil pada sistem yang digunakan

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel