ANALISA AERODINAMIS DISTRIBUSI TEKANAN OPEN CIRCUIT LOW SUBSONIC WIND TUNNEL TERHADAP PENGARUH VARIASI PELETAKAN SCREEN MESH
Aji Abdillah Kharisma
Ade Sutanto
Abstrak
Analisa terhadap bidang ilmu aerodinamika (aerodynamic) pada kendaraan di era sekarang ini dapat dikatakan tiada batas. Salah satu alat uji ilmu aerodinamika (aerodynamic) adalah Wind Tunnel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan hasil analisa, serta memvisualisasikan distribusi tekanan di sepanjang lintasan wind tunnel. Pada analisa wind tunnel ini menggunakan material acrylic, kecepatan freesteam sebesar 4.7 m/s dengan variasi peletakan 4 screen yaitu variasi HC, HC + 1 SM, HC + 2 SM, dan HC + 3 SM. Dalam hasil perhitungan teoritis analisa tekanan maksimal yang didapat dari peletakan screen HC adalah 101848.1976 Pa, HC +1 SM = 101848.1976 Pa, screen HC + 2 SM adalah 101838.3859 Pa, dan screen HC + 3 SM sebesar 101838.3859 Pa, sedangkan hasil perhitungan analisis software dari pelatakan screen HC sebesar 101725.8765 Pa, Peletakkan screen HC + 1 SM adalah 101710.8337 Pa, Peletakkan screen HC + 2 SM sebesar 101710.8337 Pa, dan Peletakkan screen HC + 3 SM adalah 101828.1146 Pa. Hasil perbandingan persentase galatnya untuk pelatakan screen HC adalah 0.12 %, peletakan screen HC + 1 SM adalah 0.13 %, peletakan screen HC + 2 SM adalah 0.12 %, dan peletakan screen HC + 3 SM adalah 0.01 % . Berdasarakan hasil perhitungan secara teoritis, visualisasi dan software yaitu bagian distribusi tekanan yang paling stabil pada wind tunnel terletak pada variasi peletakan HC + 1 SM.
Kata kunci : Distribusi Tekanan, Visualisasi, Wind Tunnel, Screen Mesh