PENGARUH MODIFIKASI LANGKAH PISTON DALAM KINERJA MESIN BENSIN 4 LANGKAH

  • Joko Prihartono
  • Tan Rico Satria
  • Tahta Duta Dewangga

Abstrak

Untuk meningkatkan performa mesin, peneliti melakukan modifikasi terhadap kendaraan roda dua produksi 2015. Tujuan dari modifikasi ini adalah untuk meningkatkan performa mesin dengan menaikan posisi Big End batang torak pada poros engkol sehingga lebih tinggi 1mm yang sebelumnya berukuran standar 55,1mm menjadi 56,1mm. Sehingga kapasitas volume ruang bakar motor yang sebelumnya 118cc menjadi 121cc. Untuk mengetahui daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dilakukan pengujian dengan mengunakan mesin dynotest. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh dua variasi poros engkol. Untuk daya maksimal dihasilkan pada poros engkol modifikasi sebesar 0,76 hp dan torsi maksimal sebesar 9,67 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada poros engkol standar sebesar 9,97 hp dan torsi terendah 8,95 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar didapat hasil rata-rata konsumsi bahan bakar lebih rendah didapatkan pada poros engkol standar. Kata kunci: Stroke up, Daya, Torsi, Konsumsi bahan bakar
Diterbitkan
2025-01-06