incomtech https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech <p>Jurnal Incomtech adalah Jurnal yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FSTI), Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN). Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun. Jurnal ini memuat artikel yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, Komunikasi, Jaringan Komputer, Sekuriti Teknologi Informasi, Komputer Visi, Komputer Multimedia &amp; Game, Kecerdasan Buatan, Data Science, serta Perekayasaan Perangkat Lunak.</p> en-US aryo.nurutomo@istn.ac.id (Aryo Nur Utomo, ST, M.Kom) citymadinah07@istn.ac.id (Siti Madinah L, S.Kom, M.Kom) Sab, 06 Jul 2024 13:45:08 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN APLIKASI TIKTOK TRAGEDI STADION KANJURUHAN MENGGUNAKAN METODE LEXICON https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1968 <p>Tiktok merupakan sebuah jaringan sosial media dan platform video musik Tiongkok yang diluncurkan sejak September 2016. Salah satu contoh video yang beredar luas dan sempat menghebohkan dunia adalah video mengenai kerusuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan Malang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen pada kasus video tragedi stadion kanjuruhan Malang menggunakan metode lexicon. Metode lexicon merupakan metode pengklasifikasi sentimen kedalam tiga kelas, yaitu positif, negatif dan netral. Penelitian ini menggunakan data dari kolom komentar video tiktok yang diunggah pada tanggal 11 Oktober 2022 tentang tragedi stadion kanjuruhan Malang, dari 524 baris data hanya terpilih 519 baris data setelah melakukan tahapan text preprocessing. Penelitian ini menggunakan software Visual Studio Code dengan beberapa library tambahan. Hasil dari penelitian ini bersifat sentimen negatif dengan jumlah data sebanyak 300 baris dengan presentase 57,80%, sedangkan sentimen positif hanya 96 baris dengan presentase 18,49% dan sentimen netral mendapatkan data sebanyak 123 baris dengan presentase 23,69%.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Tiktok, Kanjuruhan, Analisis Sentimen, Lexicon <em>.</em></p> Faruq Amrulloh, Siti Madinah Ladjamuddin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1968 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENANGANAN TREN PENJUALAN PADA PT. DOREMI MUSIC INDONESIA https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1969 <p>Saat ini begitu banyak inovasi-inovasi baru dimana komputer menjadi hal yang tak terpisahkan dari kebutuhan sehari-hari, sehingga PT. Putrabakti Paramuda perusahaan yang bergerak dibidang Furniture dan Fixture ini menyadari sangat diperlukan sebuah perancangan sistem informasi untuk menghitung persediaan barang. Karena buruknya sistem pelaporan yang saat ini masih tidak efektif, tujuan diciptakan sistem ini adalah untuk mempermudah proses menghitung persediaan barang agar menjadi lebih efektif dan efisien. Penulis juga menggunakan beberapa metode yaitu pengumpulan data, seperti wawancara, observasi, dan literature review. Setelah itu analisis berlanjut pada metode SWOT, metode ini menjabarkan tentang kelebihan dan kekurangan sistem, lalu setelah itu mencari solusi penyelesaian. Selanjutnya pendeskripsian sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Dengan menggunakan perancangan sistem persediaan barang berbasis web, diharapkan proses menghitung persediaan barang akan berjalan lebih efektif. Dalam sistem ini akan menghasilkan sebuah web perancangan sistem informasi persediaan barang dalam pergudangan pada PT. Putrabakti Paramuda.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Persediaan Barang, Furniture dan Fixture, UML (Unified Modeling Language).</p> Dedy Iskandar ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1969 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 Game Edukasi Kuis Pilihan Ganda Menggunakan Game Engine Unity 3D https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1970 <p>Perancangan game edukasi ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dari game sebagai media pembelajaran dengan materi dasar pengetahuan umum dasar bagi anak – anak sekolah dasar. Tahapan dalam proses perancangan ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan pengujian. Setelah dilakukan prosedur perancangan dan berjalan sesuai, dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, baru dilakukan pengujian untuk mengatahui kelayakan di lapangan. Dengan adamya game edukasi, maka diharapkan dapat menarik minat siswa SD dan mempermudah proses pembelajaran di sekolah. Sehingga diharapkan bisa mendongkrak hasil atau nilai para siswa. Perancangan game ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan menggunakan perangkat lunak adobe photoshop CS3, unity.</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Game edukasi, Media Pembelajaran, C#, MDLC, Unity<em>).</em></p> Ade Bayu Saputra, Andi Suprianto, Al-Bahra Bin Ladjamudin ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1970 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM PERSEDIAAN BARANG DALAM PERGUDANGAN PADA PT. PUTRABAKTI PARAMUDA BERBASIS WEB https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1971 <p>Saat ini begitu banyak inovasi-inovasi baru dimana komputer menjadi hal yang tak terpisahkan dari kebutuhan sehari-hari, sehingga PT. Putrabakti Paramuda perusahaan yang bergerak dibidang Furniture dan Fixture ini menyadari sangat diperlukan sebuah perancangan sistem informasi untuk menghitung persediaan barang. Karena buruknya sistem pelaporan yang saat ini masih tidak efektif, tujuan diciptakan sistem ini adalah untuk mempermudah proses menghitung persediaan barang agar menjadi lebih efektif dan efisien. Penulis juga menggunakan beberapa metode yaitu pengumpulan data, seperti wawancara, observasi, dan literature review. Setelah itu analisis berlanjut pada metode SWOT, metode ini menjabarkan tentang kelebihan dan kekurangan sistem, lalu setelah itu mencari solusi penyelesaian. Selanjutnya pendeskripsian sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Dengan menggunakan perancangan sistem persediaan barang berbasis web, diharapkan proses menghitung persediaan barang akan berjalan lebih efektif. Dalam sistem ini akan menghasilkan sebuah web perancangan sistem informasi persediaan barang dalam pergudangan pada PT. Putrabakti Paramuda.</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Persediaan Barang<em>, Furniture </em>dan<em> Fixture, </em>UML<em> (Unified Modeling Language).</em></p> Denny Andwiyan ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1971 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS HUBUNGAN POPULARITAS SEIYUU DENGAN ANIME MENGGUNAKAN METODE PENGAMBILAN DATA WEB SCRAPING PADA SITUS MYANIMELIST.NET https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1972 <p>Saat ini, volume data yang sangat besar dihasilkan setiap hari dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari berbagai sumber, termasuk data di internet. Keberadaan internet membuat jumlah data yang terdapat di website – website semakin bertambah, sehingga dibutuhkan metode yang efisien untuk mengumpulkan banyaknya data yang ada di suatu website, dan web scraping termasuk salah satunya. Pada penelitian ini, peneliti mengimplementasikan metode web scraping pada situs myanimelist.net yang merupakan komunitas dan database seputar anime dan manga terbesar di dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara seiyuu (pengisi suara) dan anime yang diperankannya melalui analisis korelasi. Metode penelitian ini secara garis besar terdiri dari lima tahapan, meliputi data extracting, data cleansing, data processing, statistic test, dan data visualization. Alat penelitian yang digunakan untuk scraping adalah beautifulsoup dan pandas yang merupakan library python, sedangkan alat untuk proses dan analisis data hasil scraping adalah google colaboratory dan pandas yang merupakan aplikasi pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa web scraping dapat diimplementasikan pada situs myanimelist.net dengan efektif. Peneliti dapat mengumpulkan 54298 baris data dari 275 orang dalam waktu 8 hari. Hasil analisis korelasi menunjukkan popularitas seiyuu memiliki hubungan sedang dengan popularitas karakter yang meraka perankan dan jumlah anime yang mereka mainkan..</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: big data, web scraping, anime</p> Venerdi Rafid Muhajir, Aryo Nur Utomo ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1972 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SMK KUSUMA BANGSA TANGERANG https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1973 <p>Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, maka kemajuan teknologi juga semakin meningkat. Dan pelaksanaan proses belajar mengajar untuk mengaktifkan belajar siswa memang tidak mudah, karena dalam setiap metode pembelajaran pasti ada beberapa hambatan. Salah satu hambatan yang dihadapi guru adalah kurangnya minat belajar dari siswa sehingga siswa menjadi malas dan jenuh dalam kegiatan belajar mengajar adapun kesulitan belajar di kelas XI yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran di SMK Kusuma Bangsa selama ini proses belajar mengajar antara siswa dan guru hanya dapat di lakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dan guru didalam kelas. Jika pembelajaran masih bersifat konvensional maka secara otomatis proses pembelajaran akan terhambat karna waktu pembelajaran yang di batasi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu belajar para siswa karena terdapat beberapa fungsi diantaranya download materi, mengerjakan latihan, ujian dan dapat berkomunikasi langsung dengan guru melalui forum diskusi, sehingga para siswa tidak perlu lagi belajar dengan cara konvensional karena semua data yang di butuhkan oleh siswa sudah disediakan. Metode yang sedang berkembang dimasa sekarang adalah e-learning. Menggunakan metode analisis data berupa analisis SWOT dan analisis sistem berorientasi objek dengan menggunakan pendekatan UML, Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, tidak harus bertatap muka atau langsung datang kesekolah untuk latihan soal dan bimbingan belajar akan tetapi bisa menggunakan sistem berbasis online ini di luar lingkungan sekolah. Untuk program menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework Codeigniter 3 dan MySQL untuk databasenya.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>pembelajaran, penelitian, e-learning.</p> Sugina Sugina ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1973 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 RANCANGAN SISTEM FINGERPRINT PRESENSI KARYAWAN BERBASIS WEB https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1974 <p>Teknologi mempuyai peran penting dalam kegiatan pekerjaan khususnya pada proses presensi karyawan. Tujuan penelitian ini merancang sistem presensi karyawan dengan menggunakan arduino sensor fingerprint pada komputer server dengan modul kontroler. Dengan menggunakan metode waterfall meliputi requirement, perancangan, pengkodean, pengujian. Sedangkan dalam proses pengambilan data presensi selama ini masih bersifat manual menggunakan tanda tangan sebagai bukti kehadiran, sehingga proses pencatatan kehadiran sangat rentan terhadap tindak kecurangan manipulasi maupun kesalahan dari manusia itu sendiri. Alat dan bahan untuk mreancang sistem, diantaranya program browser seperti mozila firefox atau yang sejenisnya, php, database seperti mysql.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>fingerprint, Presensi, Waterfall, arduino, karyawan.</p> Siti Nurmiati, Luthfi Alkhafid ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1974 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. ANEKA SARIVITA https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1975 <p>PT. ANEKA SARIVITA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri produksi makanan yang didirikan pada tahun 1990 oleh bapak Ir. Herman Moeliana, Pendirian perusahaan ini dilatar belakangi keinginan dari pemilik untuk berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan gizi dari masyarakat Indonesia. Produk yang diproduksi adalah makanan sebagai contoh produknya yaitu Proteina. Sistem informasi persediaan bahan baku pada PT Aneka Sarivita masih menggunakan sistem manual untuk pencatatan pendataan stock bahan baku bagian gudang yaitu menggunakan form namun untuk pendataan sudah menggunakan komputer menggunakan microsoft excel, pengolahan data informasi ini belum dapat efektif dan efisien karena adanya “human error” dan “miss comunication” antara admin dan bagian gudang terhadap jumlah stock yang ada pada komputer dan jumlah fisik yang ada pada gudang . Dengan metode perancangan menggunakan UML, metode analisa SWOT, metode wawancara dan analisa kebutuhan dengan elisitasi, dan program aplikasi dengan perancangan berorientasikan objek menggunakan PHP. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi usulan berbasis web untuk membantu staff dan manajemen dalam proses pendataan bahan baku pada PT. ANEKA SARIVITA..</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: persediaan bahan baku, form, UML, SWOT, elisitasi, PHP, sistem informasi, berbasis web</p> Suhada Suhada ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1975 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Pola Heterogen TPS untuk Optimasi Stratifield Sampling Quick Count https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1976 <p>Proses hitung cepat hasil pemilu atau Quick Count memerlukan pemilihan metode yang tepat agar menghasilkan prediksi yang mendekati nilai aktualnya dengan biaya murah serta waktu hitung yang cepat.Dimulai dengan teknik penentuan jumlah responden (suara pemilih), berikut list TPS mana saja yang harus di tempati relawan Quick-Count, yang salah satunya bergantung pada metode komputasi yang digunakan. Berikut hingga penentuan pola pengelompokan data awal kelompok TPS untuk prnggunaan Metode Stratifield Sampling (SFS). Data penelitian didapat dari Web Hasil Hitung Suara Pemilu Presiden &amp; Wakil Presiden RI 2019&nbsp; Propinsi Jakarta. Dan penggunaan metode optimasi pada SFS menghasilkan nilai akurasi yang baik. Dengan puncak efektif dan ffisiensi Quick Count dengan nilai Kepercayaan 99%, Margin of Error 0.01%, dengan jumlah TPS dipilih 0.21% dari populasi. Dan metode SFS memberikan hasil rata-rata 3% dari nilai aktualnya.</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Quick Count, Stratifield Sampling, Margin of Error, Tingkat Kepercayaan, Tempat Pemugutan Suara (TPS)</p> Riadi Marta Dinata ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1976 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA SMK PARADUTA BANGSA TANGERANG SELATAN BERBASIS WEB https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1977 <p>Komputer adalah suatu alat elektronik untuk mengolah data yang digunakan oleh instansi-instansi pemerintah maupun swasta. Penggunaan komputer ini harus sesuai dengan kebutuhan organisasi yang memakainya, baik software maupun hardware nya agar komputer dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Disamping itu komputer mempunyai kegunaan dalam mendeteksi kesalahan data yang di olah dan dapat melakukan pekerjaan di luar kemampuan manusia sehingga keterlambatan suatu pekerjaan dapat dihindari. Seperti halnya SMK Paraduta Bangsa Tangerang Selatan seringkali menghadapi permasalahan pada pendataan surat masuk dan surat keluar. Sistem yang berjalan saat ini masih menggunakan sistem semi komputerisasi sehingga sistem tersebut belum efektif dan efisien. Dalam pengolahan data surat masuk dan surat keluar pada SMK Paraduta Bangsa Tangerang Selatan yang dilakukan oleh bagian pengarsipan masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya, dalam pencatatan data surat masuk dan surat keluar masih harus di catat dan dibukukan dalam pendataan surat masuk dan surat keluar, hal ini mengakibatkan informasi yang di sajikan terlambat. Selain itu proses pendataan datanya masih semi komputerisasi dan belum menggunakan suatu program aplikasi. Berdasarkan masalah di atas maka peneliti mengusulkan sistem yang baru dalam melakukan pendataan surat masuk dan surat keluar, Sistem yang mempunyai tempat penyimpanan data. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem yang baru tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahan pada saat memasukkan data, dan pengolahan data menjadi cepat sehingga pembuatan laporan tidak memakan waktu yang lama dan laporan yang dihasilkan sesuai dengan data yang ada, sehingga di harapkan manajemen data menjadi lebih baik dan keamanan lebih kuat. Selain itu sistem ini diharapkan dapat lebih menunjang kegiatan admin dalam mengelola data surat agar lebih baik.</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Surat Masuk, Surat Keluar , Pengolahan Data</p> Martono Martono ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1977 Min, 30 Jun 2024 00:00:00 +0000