https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/issue/feed incomtech 2023-12-30T04:20:22+00:00 Aryo Nur Utomo, ST, M.Kom aryo.nurutomo@istn.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Incomtech adalah Jurnal yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FSTI), Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN). Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun. Jurnal ini memuat artikel yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, Komunikasi, Jaringan Komputer, Sekuriti Teknologi Informasi, Komputer Visi, Komputer Multimedia &amp; Game, Kecerdasan Buatan, Data Science, serta Perekayasaan Perangkat Lunak.</p> https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1770 RANCANG BANGUN APLIKASI ANIMASI 3D BOROBUDUR BERBASIS ANDROID AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRAKING 2023-12-30T03:17:33+00:00 Denny Chandra Darmawansya dennychandra411@gmail.com Siti Madinah Ladjamuddin citymadinah07@istn.ac.id <p>Sejarah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu yang disusun berdasarkan bukti-bukti yang meyakinkan dan dan diperoleh melalui proses penelitian serta pengujian ilmiah. Salah satu contoh masalah yang di temukan adalah kurangnya pembelajaran sejarah oleh pengunjung candi Borobudur dalam memahami atau mendapatkan informasi mengenai relief-relief candi Borobudur. Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengangkat judul “Aplikasi animasi 3D cerita relief Jataka berbasis Android Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking”. Di dalam aplikasi AR untuk membantu pembelajaran sejarah mengenai relief-relief candi Borobudur yang dikemas dalam bentuk animasi 3D. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi menggunakan metode yaitu Analisis, Desain, Development, Implementation, Evaluation maka diperoleh aplikasi AR untuk membantu pembelajaran mengenai sejarah relief-relief candi Borobudur. Hal ini dibuktikan melalui pengujian dan kuesioner terhadap pengunjung dan arkeolog balai konservasi candi Borobudur. Berdasarkan hasil kuesioner pengunjung dan arkeolog dapat diketahui klasifikasi layak dalam berbagai aspek- aspek yang terdapat pada kuesioner. Dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan minat pengunjung dalam mengenal sejarah relief candi, dan menambah wawasan mengenai relief candi Borobudur.<br>Kata Kunci : Augmented Reality, Animasi 3D, Android , Candi Borobudur.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1771 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PADA PT. MEDIA SHARING CENTER BERBASIS WEBSITE 2023-12-30T03:22:15+00:00 Denny Andwiyan andwiyan@raharja.info <p>Sistem Layanan Pelanggan adalah suatu platform yang dirancang untuk memberikan pengalaman pelayanan yang unggul kepada pelanggan suatu perusahaan atau organisasi. PT. Media Shaing Center merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa layanan ISP (Internet Service Provider), untuk memberikan pelayanan terbaik, menggunakan tenaga pekerja yang professional, berkomitmen pada standar kerja yang tinggi, menunjukan produk jasa yang berkualitas, membina komunikasi yang baik kepada semua pelanggan salah satu misi dan tujuan dari perusahaan. PT. Media Sharing Center masih memiliki kendalam didalamnya salah satunya adalah masalah pendafataran dan tagihan pelanggan yang kurang optimal. Proses pelayanan pelanggan yang berjalan saat ini masih menggunakan kertas dan Personal Chat whatsapp saja, yaitu proses pendafataran yang masih manual menggunakan kertas dan pulpen serta penagihan pelanggan yang masih menggunakan personal chat dengan aplikasi whatsapp sehingga dalam pelayanan pelanggang tidak efesien dan kurang oprimal. Maka penerapan sistem layanan pelanggan berbasis website pada sistem layanan pelanggan sangat diperlukan agar layanan diperusahaan dapat berjalan dengan baik dan optimal, selain itu dapat menghemat waktu dalam pengerjaannya, karena sistem komputer dapat melakukan pekerjaan yang cepat tepat dan akurat dalam mengelolah suatu data sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu yang lebih. Guna menunjang penelitian ini, Metode Analisa yang digunakan adalah E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) dan rancangan model menggunakan Unified Modeling Language (UML) sehingga mendapatkan sistem layanan yang masih manual dan belum menyediakan sistem yang efektif dan efesien. Oleh sebab itu diperlukannya suatu sistem berbasis website yang dapat membantu dalam melakukan pendaftran dan penagihan terhadapt pelanggan agar lebih efektif dan efisien.<br>Kata Kunci : Sistem Layanan Pelanggan Website, Sistem Informasi, PT. Media Sharing Center</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1772 PERANCANGAN WEB FILTERING DENGAN METODE FIREWALL FILTER RULES PADA JARINGAN KOMPUTER PT. INTI PAKET PRIMA BERBASIS MIKROTIK ROUTEROS 2023-12-30T03:29:30+00:00 Ari Mulyana arimulyana240@gmail.com Andi Suprianto andisuprianto@istn.ac.id <p>Jaringan komputer memiliki dua media transmisi data, yaitu menggunakan media kabel dan media nirkabel. Jaringan nirkabel lebih rentan terhadap ancaman serangan dibandingkan dengan jaringan kabel, karena komunikasi yang terjadi pada jaringan nirkabel bersifat terbuka. Diperlukan sistem keamanan jaringan yang baik untuk dapat menjaga keamanan data pengguna jaringan agar terhindar dari serangan yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Skripsi ini membahas tentang perancangan sistem keamanan jaringan dengan menggunakan teknologi Firewall filter rules pada jaringan nirkabel berbasis MikroTik RouterOS. Skripsi ini bertujuan untuk melindungi sistem pengguna dari ancaman atau pun serangan awal dan untuk membatasi serta memfilter hak akses pengguna terhadap konten atau situs yang berpotensi membahayakan sistem pengguna pada saat mengakses jaringan nirkabel.<br>Kata Kunci : Keamanan Jaringan, Jaringan Nirkabel, Firewall, filter rules, MikroTik RouterOS</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1773 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN ADMINISTRASI MASYARAKAT PADA KELURAHAN KARANG TIMUR KOTA TANGERANG 2023-12-30T03:35:39+00:00 Suhada Suhada suhada@raharja.info <p>Kelurahan karang timur memberikan banyak jenis pelayanan kepada masyarakat mulai dari pelayanan surat pengantar KTP, Kartu kelurga, surat kematian, akta kelahiran dan surat pengantar yang lainnya. Pendataan Sistem pelayanan yang kini berjalan di Kelurahan Karang Timur masih dilakukkan secara manual dengan cara warga yang membutuhkan pelayanan surat pengantar harus datang ke kantor Kelurahan Karang timur, sistem ini akan memakan waktu dimana harus mengantri dengan warga lainnya, dan apabila persyaratan berkas kurang atau tidak lengkap, maka tidak bisa diurus oleh Kelurahan, ini akan membuang waktu karena tidak ada informasi yang jelas mengenai persyaratan kepada warga. Sistem ini bertujuan untuk membantu warga memudahkan dalam mengurus segara layanan administratif. Penelitian ini menghasilkan sistem pelayanan administrasi dengan memiliki fitur form data warga, form data pengajuan KTP, KK, Pindah datang dan pindah pergi. Penelitian ini menggunakan metode analisis PIECES, metode pengembangan sistem RAD, perancangan desain sistem menggunakan UML dan pengujian sistem menggunakan blackbox testing. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Mysql.<br>Kata Kunci : Pelayanan, administrasi, kelurahan, warga, PHP</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1774 MACHINE LEARNING PADA ANALISIS DATA INFLASI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE REGRESI LOGISTIK 2023-12-30T03:41:42+00:00 Nadia Armelia Amanda nadiaarmelia.na@gmail.com Marhaeni Marhaeni enimarhaeni24@gmail.com <p>Inflasi memiliki arti kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa secara umum yang berlangsung terus menerus. Bila harga barang dan jasa lebih tinggi di dalam negeri, maka inflasi meningkat. Kenaikan harga barang dan jasa juga menyebabkan turunnya nilai uang. Penelitian ini bertujuan menganalisis data inflasi memanfaatkan machine learning dengan metode regresi logistik sebagai algoritma dalam menentukan naik dan turunnya nilai inflasi pada negara Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai inflasi selama tahun 2020 sampai dengan 2022 mengalami dengan nilai akurasi yang cukup tinggi sebesar 75% ini membuktikan bahwa inflasi diprediksi mengalami kenaikan yang datanya diambil dari sampel per bulan selama 3 tahun tersebut.<br>Kata Kunci : Inflasi, Machine Learning, Analisis Regresi Logistik</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1775 Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Presensi Berbasis Android Pada Pt Jala Niaga Elok 2023-12-30T03:51:18+00:00 Dedy Iskandar iskandar@raharja.info Ricat Palindo ricat@raharja.info Tiara Afrina tiarafrina.hutapea@raharja.info <p>Berdasarkan analisa yang dilakukan, absensi yang ada pada PT. Jala Niaga Elok menggunakan fingerprint. Namun, penggunaan mesin sidik jari juga menghadapi sejumlah kendala, seperti ketidakmampuan membaca sidik jari karyawan, terutama jika jari karyawan basah, terluka, atau terkena debu. Selain itu, terkadang ada masalah saat mesin tidak bisa digunakan dan diganti dengan kertas tanda tangan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengubah sistem sistem presensi tersebut menjadi digital. Untuk mengubah sistem tersebut menjadi sistem digital maka perlu memanfaatkan peggunaan jaringan internet. Serta sistem ini akan menerapkan sistem presensi online berbasis smartphone android agar dapat mempermudah dan mempercepat dalam presensi karyawan. Dengan memanfaatkan penggunaan jaringan internet diharapkan sistem presensi yang digunakan oleh karyawan menjadi lebih mudah dan terstruktur. Dengan adanya sistem absensi online, karyawan dan perusahaan akan terbantu dalam masalah presensi dan membuat laporan akan menjadi lebih mudah dan tertata rapih. Dalam penelitian ini terdapat 3 (tiga) pokok permasalahan, 3 (tiga) tujuan penelitian, 3 (tiga) manfaat penelitian. Dijelaskan pula mengenai metode pengumpulan data yang relevan diantaranya yaitu metode observasi, studi pustaka, serta metode analisa SWOT. Dan dijelaskan UML untuk mendeskripsikan sistem yang berjalan serta rancangan yang akan dibangun. Penulis mendapatkan hasil penelitian bahwa sistem presensi online dapat dijadikan alternatif pemecahan masalah dalam mengoptimalkan sistem presensi yang ada di perusahaan, dengan begitu karyawan dan pihak perusahaan akan nyaman dalam melakukan presensi maupun laporan yang berhubungan dengan data-data perusahaan.<br>Kata Kunci : Presensi, Android, SWOT</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1776 RANCANG BANGUN DAN BLOCK URL SOSIAL MEDIA MENGGUNAKAN SCHEDULING SYSTEM TIME BERBASIS MIKROTIK DI SMK AL BAROKAH SUKABUMI 2023-12-30T04:01:40+00:00 Muhammad Janualdi Ramadhan Aldijanualdi71588@gmail.com Aryo Nur Utomo aryo.nurutomo@gmail.com <p>Dalam penelitian ini membangun sebuah topologi jaringan yang baru dan sebuah system yang memblokir situs – situs sosial media pada saat jam pembelajaran praktikum secara otomatis, pemblokiran dilakukan pada hari senin sampai dengan hari jumat pada pukul jam 09 – 00 sampai 15 – 00 sehingga waktu pembelajaran praktikum dilakukan secara efektif dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka akan dirancang sebuah system topologi jaringan komputer yang baru dan block URL sosial media dengan menggunakan scheduling system time pada Mikrotik OS. Sehingga siswa / siswi dapat dibatasi untuk mengakses situs sosial media sehingga tidak dapat dibuka dan dapat meningkatkan konsentrasi pada saat pembelajaran praktikum.<br>Kata Kunci : blok, jaringan, mikrotik, sosial media, topologi</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1777 Pengembangan Sistem Cms Portal Berita (Chatnews) Menggunakan Go Language Pada Pt.Ice Messenger Indonesia 2023-12-30T04:08:34+00:00 Ajay Supriadi ajay.supriadi@raharja.info Martono Martono matono@raharja.info <p>Perkembangan teknologi semakin pesat sampai saat ini dengan dikembangkannya teknologi-teknologi yang mendukungnya. Salah satu teknologi yang mendukung perkembangan teknologi adalah teknologi Application Programming Interface (API). Dalam membangun website dibutuhkan sebuah tampilan yang sederhana dan menarik agar dapat terciptanya tampilan yang user friendly bagi pengunjung sehingga user diharapkan untuk mendukung keberhasilan sistem informasi yang dapat menghasilkan tingkat kepuasan bagi para user sistem informasi.Dan penggunaan Application Programming Interface (API) telah sangat berkembang sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000-an. API memungkinkan berbagai aplikasi dan sistem untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain, yang telah meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan fungsionalitas aplikasi dan sistem yang ada. Salah satu faktor utama dalam perkembangan API adalah kebutuhan akan integrasi aplikasi yang lebih baik. Dengan menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service), dan metode analisis alur nya menggunakan Unified Modelling Language (UML). Untuk Implementasi Rancangan dari pengembangan sistem menggunakan Bahasa Go Language dan Mongodb untuk databasenya. Untuk itu penulis mengusulkan agar sistem menggunakan Go Language dan Framework Fiber agar sistem dapat dikembangkan dengan mudah, dan juga cepat.<br>Kata Kunci : [Golang, Mongodb, Chatnews, Fiber]</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1778 PERANCANGAN PENGENDALIAN JARAK JAUH LAMPU MENGGUNAKAN TELEGRAM 2023-12-30T04:14:12+00:00 Siti Nurmiati snurmiati@gmail.com Muhammad Diki Ikhsanudin dickyikhs12@gmail.com <p>Lampu sebagai alat bantu penerangan yang memudahkan manusia untuk melihat dan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, penggunaan lampu yang tidak terkontrol dapat menjadi suatu hal yang tidak efisien, untuk memaksimalkan penggunaan lampu dibuatlah rancangan pengendalian lampu jarak jauh, dengan harapan mendapatkan hasil rancangan pengendalian lampu jarak jauh. Adapun rancangan pengendalian penggunaan lampu jarak jauh ini menggunakan telegram dan penggunakan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dan sensor suara.<br>Kata Kunci : Sensor Suara, Sensor Lampu, NodeMCU ESP8266, Telegram</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/1779 Perancangan Sistem Pelayanan Maintenance Dengan Helpdesk It Support Studi KaSuS SmK Bina amma’mur 2023-12-30T04:18:10+00:00 Sugina Sugina sugina@raharja.info <p>SMK Bina Amma’mur memiliki bagian yang bertugas mengurus komputer mulai dari perbaikan hardware komputer dan perbaikan software komputer yaitu bagian helpdesk IT. Saat ini proses penginformasian perbaikan komputer yang berjalan saat ini masih dilakukan dengan cara guru atau staf meminta bantuan bagian Teknologi informasi dengan bertemu secara langsung untuk memeriksa permasalahan yang terjadi di komputer atau laptop selanjutnya bagian helpdesk IT akan mengirimkan tim teknisi untuk menyelesaikan masalah yang dilaporkan, jika telah selesai akan dilaporkan kembali kebagian helpdesk IT untuk dicatat bahwa permintaan perbaikan komputer telah dikerjakan. Setelah di periksa permasalahan yang terjadi di komputer atau laptop tersebut kemudian bagian IT akan mencatatkan permasalahan tersebut di buku besar dan akan memberitahukan kepada guru atau staff jika sudah selesai melalui media whatsapp. Namun penangan masalah yang berjalan masih kurang baik karena proses pencatatan hasil perbaikan masih bersifat manual sehingga mempengaruhi kinerja bagian IT. Hal ini dapat memberi dampak negatif, yaitu terdapat masalah pencatatan data secara berulang, proses pencarian data perbaikan komputer memakan waktu yang lama karena harus mencari satu persatu data permintaan perbaikan di buku, sering terjadi kesalahan pembuatan laporan sehingga laporan yang di buat tidak sama dengan proses perbaikan komputer. Penelitian ini menghasilkan sistem helpdesk IT yang bertujuan untuk membantu bagian IT mengelola data helpdesk IT menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis PIECES, perancangan menggunakan UML dan pengujian sistem blackbox testing. Sistem Helpdesk IT di buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Mysql.<br>Kata Kunci : Helpdesk IT, Hardware, Software, Komputer, PHP, Mysql.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##