EVALUASI KEPUASAN USER INTERFACE DESAIN APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) PADA APLIKASI ANDROID SCIENCOM

  • Muhammad Syarif Hartawan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Informatika Universitas Krisnadwipayana

Abstract

konsep keterikatan customer dalam perkembangan suatu perusahaan telah menjadi keterikatan hubungan customer engagement atau keterikatan hubungan pelanggan dengan suatu perusahaan, yang kini sering dikenal Customer Relationship Management (CRM). Dalam suatu informasi yang diperoleh oleh customer sangatlah penting dalam mendapatkan informasi perusahaan, sehingga akan berkaitan dengan kemajuan perusahaan. Industri pendidikan khususnya training center memiliki karakteristik paling kuat pada layanan informasi kepada pelanggan sehingga informasi yang didapat oleh customer menjadi tepat dan cepat. Kegunaan kepuasan pelanggan ini dalam mengkases informasi akan memberikan rekomendasi positif kepada pihak-pihak terkait dalam pemilihan dalam training. Objek dalam penelitian ini adalah desain user interface aplikasi android sciencom yang telah ada pada google play store dengan responden sejumlah 40 orang responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner kepada pengguna aplikasi android yang kemudian diolah secara statistik dengan menggunakan rentang kategori dan persentase melalui skala Likert.. Hasil penelitian menunjukkan seluruh variabel independen (indikator) EUCS, terdiri atas Content (Isi), Format (laporan), Accurancy (ketepatan), Timeliness (kecepatan waktu penyajian), Ease of Use (mudah digunakan), yang memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pengguna aplikasi android. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap desain user interface secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori setuju dan merasa puas menggunakan aplikasi android, dengan nilai persentase sebesar 92,5%.
Published
2018-01-24
Section
Artikel