ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS KINERJA INFRASTRUKTUR LRT JAKARTA SELAMA KONDISI PANDEMI COVID-19
Retna Kristiana
Setiawan Jodi
Abstrak
Berdasarkan informasi Badan Pusat Statistik periode 2012-2016, terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang sangat besar yaitu secara konsisten 6,48 persen. Sehingga dalam hal ini Pemerintah Provinsi Daerah membangun LRT untuk menangani kepadatan di jalanan ibu kota. Dengan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. Analisis kepuasan pelanggan sebagai tolak ukur mengenai kinerja infrastruktur LRT khususnya pada fasilitas layanan transportasi, adapun pelayanan operasional LRT secara dinamis akan berubah menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan perkembangan penanganan penyebaran Covid-19. Dalam studi ini analisis dilakukan menggunakan metode IPA (Important Performance Analysis) untuk mengetahui harapan dan realisiasi pengguna transportasi umum pada Kualitas Kinerja Infrastruktur LRT Jakarta Selama Kondisi Pandemi COVID-19. Dari analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan konsistensi dan hasil kesenjangan dari rerata perdimensi <-1, dimana hasil analisis menunjukkan pengguna LRT sudah mendapatkan pelayanan yang baik dengan kata lain sudah merasakan kepuasan terhadap kualitas kinerja infrastruktur LRT Jakarta, meskipun masih ada beberapa variabel tertentu yang perlu di prioritaskan.
Kata kunci : Kualitas, kepuasan publik, kinerja infrastruktur LRT, Jakarta, metode IPA