PERENCANAAN SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG GANDUL DEPOK
Endang Widjajanti
Diana Gustini Sahlul Ifani
Abstrak
Beroperasinya Tol Depok-Antasari sangat berdampak pada arus lalu lintas pada simpang tidak bersinyal Jalan Tujuan Penelitian ini adalah untuk merencanakan simpang bersinyal dan mengetahui kinerja hasil perencanaan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) pada Simpang Gandul setelah beroperasinya jalan tol Depok-Antasari. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari hasil survey pada pendekat simpang maupun pada masing-masing ruas lengan pada tahun 2019. Metode analisis dalam penelitian menggunakan MKJI 1997 tentang Simpang Bersinyal. Hasil analisis menunjukkan bahwa alternatif perencanaan 5 yaitu rencana pengaturan 4 fase dengan luas pembebasan lahan minimal dan arah pergerakan fase 1 (Utara/LT,ST dan Selatan/LT,ST), fase 2 (Utara/RT dan Selatan/RT), fase 3 Barat /LT,ST,RT, dan fase 4 Timur/LT,ST,RT adalah alternatif yang memberikan hasil terbaik dengan tundaan simpang rata-rata di pagi hari sebesar 66.67 detik/smp dan sore hari sebesar 49.42 detik/smp.
Kata kunci: simpang bersinyal, perencanaan, tundaan