DESAIN ULANG STRUKTUR OVERPASS DENGAN MODIFIKASI LEBAR JEMBATAN, MATERIAL STRUKTUR, DAN KONFIGURASI GIRDER (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Rengat - Pekanbaru)
Idrus M Alatas
Muhamat Aji Nugroho
Abstrak
Jembatan overpass STA 130+037 merupakan jembatan yang memiliki kelemahan pada jumlah kendaraan yang dapat melintas, hal ini disebabkan karena lebar jalan pada overpass yang hanya 4,5m dan tidak sesuai dengan SNI untuk jalan Kabupaten. Dari Permasalahan tersebut, penulis melakukan modifikasi yang awalnya lebar jalan 4,5 m diubah menjadi 6,0 m sesuai SNI sehingga kendaraan yang melintas lebih optimal. Karena terdapat perubahan lebar jalan sehingga girder yang digunakannya pun berubah. Pada bentang panjang tetap menggunakan PCI 30 m namun terdapat perubahan konfigurasi girder yang awalnya 3 menjadi 4 mengikuti perubahan pada lebar jalan dengan metode pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Pada bentang pendek akan diubah yang awalnya PCI 16 m menjadi girder baja 16 m, dipilihnya girder baja agar bentang pendek lebih ekonomis Dengan pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Akibat dari peningkatan kelas jalan maka terjadi perubahan lebar lantai kendaraan menjadi 6 meter dengan penambahan rasio 1,33. Adapun hasil dari penambahan konfigurasi girder PCI menjadi 4 girder dengan penambahan rasio 1,33 dan perubahan material konstruksi baja WF dengan rasio 3,74. Pada bangunan bawah Pilar 1 memiliki rasio di bawah standar yaitu 1,30 sedangkan pilar 2 memiliki rasio di luar standar.