EVALUASI STRUKTUR JETTY DAN TRESTLE DRMAGA KILANG ASPAL CURAH AKIBAT PERUBAHAN KAPASITAS KAPAL TANKER DARI 5000 DWT MENJADI 10000 DWT
Harry Hartawan
TEKNIK SIPIL ISTN
Tri Anggi Purnomo
TEKNIK SIPIL ISTN
Abstrak
Kapal sebagai sarana pengangkut muatan mempunyai ciri-ciri tersendiri dalam menangani muatannya. Muatan tersebut dapat berbentuk gas, padat, dan cair. Kapasitas angkut kapal biasanya diukur dengan satuan DWT (dead weight tonnage) yaitu selisih dari displacement kapal yang bermuatan penuh (extreem weight) dan kapal kosong (light weight) dihitung dalam satuan ton metrik. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai evaluasi kinerja struktur dari breasting dan mooring dolphin akibat perubahan kapasitas kapal tanker dari 5000 DWT menjadi 10000 DWT. Penelitian atau analisa mengenai kinerja struktur jetty trestle dan jetty head platform ini bertujuan untuk mengetahui apakah struktur jetty trestle dan jetty head platform yang sudah di rencanakan dengan beban kapal rencana 5000 DWT masih mampu menahan beban peningkatan kapal menjadi 10000 DWT. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data-data struktur existing berupa beban-beban yang bekerja pada struktur dan spesifikasi struktur existing dan data peningkatan kapasitas dari kapal tanker untuk dievaluasi dengan perangkat lunak SAP2000 19. Dari hasil analisis evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa struktur dari jetty trestle dan jetty head platform yang direncanakan dengan kapasitas kapal 5000 DWT masih mampu menahan beban akibat peningkatan kapal tanker menjadi 10000 DWT dengan mengecek kemampuan tiang pancang, tegangan tiang pancang dan balok eksisting yang terjadi tidak melebihin tegangan izin dari kondisi existing struktur.
Kata Kunci: Kapal tanker, DWT, Jetty trestle, Jetty head platform, Tegangan ijin.